Thursday, May 19, 2011

JOHN C. MAXWELL "WINNING WITH PEOPLE" (Part 1)

Winning With People by John C. Maxwell adalah sebuh buku yang sangat menginspirasi saya. Walaupun belum selesai membaca habis buku ini tapi saya sudah dapat menyimpulkan bahwa buku ini memang sangat berkualitas.

Pada dasarnya buku ini membahas tentang prinsip - prinsip hubungan yang efektif dengan orang lain. Bagaimana kita mempertahankan hubungan dengan orang lain yang sehat, karena cara kita mempertahankan hubungan dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk menjadi orang sukses dalam setiap aspek kehidupan.

Salah satu bab yang paling saya suka adalah "Siapa Diri Kita Menentukan Bagaimana Kita Memandang Orang Lain". Sebenarnya semua kesuksesan itu besasal dari bagaimana kita membina hubungan dengan orang lain tentu saja dalam hal yang positif. Lingkungan juga merupakan hal yang penting dalam kesuksesan. Kalau kita dikelilingi dengan orang - orang yang hebat, tentu saja kita akan perfikir dan bertindak selayaknya orang hebat. Dan sebaliknya jika kita berada pada lingkungan orang-orang yang tidak baik, ya mau tidak mau sikap kita pun seperti orang tidak baik.

Ada beberapa poin yang saya suka dari buku ini:
  1. Kesiapan: APakah kita siap untuk memiliki hubungan dengan orang lain?
  2. Hubungan: Apakah kita bersedia berfokus pada orang lain?
  3. Kepercayaan: Bisakah kita membangun kepercayaan satu sama lain?
  4. Investasi: Apakah Kita bersedia berinvestasi kepada orang lain?
  5. Sinergi: Bisakah kita membangun hubungan menang-menang?

Saya coba untuk merenungkan dan menjawab pertanyaan ini.

Jawaban:
  1. Saya siap
  2. Saya siap
  3. Saya bisa
  4. Saya bersedia
  5. Saya belum tau
Maxwell mengatakan bahwa, jika kita bisa menjawab pertanyaan ini dan memperatikannya dengan cara yang positif maka Anda akan berhasil membangun hubungan yang sehat dan efektif. Sebagai hasil dari hubungan ini adalah kesuksesan.

Kalau menurut saya, memang benar pernyataan diatas. Dengan siapa pun kita membangun hubungan secara positif pasti hasilnya juga akan positif. Dan saya juga mempunyai prinsip hidup>>>

"Saya melakukan hal baik hari ini, maka saya akan mendapatkan hasil yang baik mungkin hari ini, besok, lusa, 1 minggu kemudian, atau dalam waktu yang lama. Tetapi saya percaya hal baik itu akan datang kepada saya. Dan saya tidak merasa rugi jika saya harus menunggu hal baik itu akan datang kepada saya dalam waktu yang lama. Toh tidak ada salahnya kita menunggu kebaikan, ya kan?"


No comments:

Post a Comment