Monday, May 10, 2010

Syukur
























Kali ini gw mau ngebahas masalah yang dari dulu ampe sekarang gak ter - cover oleh dunia, yaitu masalah kelaparan yang dihadapi saudara - saudara kita dibelahan dunia Afrika. kemarin gw dapet email dari temen kantor lama yang meng-explore cerita yang sangat emotional dan sangat menyedihkan, gak nyangka ternyata dibelahan dunia lain ada ha yang sangat tragis seperti itu. dengan melihat dan membaca cerita ini gw sangat bersyukur apa yang udah gw dapet sekarang ini, sangat bersyukur.
Sebelum gw cerita panjang lebar, gw mau menjelaskan seorang photographer yang telah mengangkat cerita ini kedunia international. Namanya Kevin Charter, ia meraih Pulitzer 1994 itu karena fotonya yang ia dapat didaerah kelaparan dan kekeringan (Sudan), setelah 3 bulan pengambilan gambar tersebut Kevin Charer bunuh diri karena depresi.
Terang aja dia bunuh diri Karena dia gak tahan dengan penderitaan yang menimpa saudara – saudara kita yang ada di Sudan.





















Gw sebagai masyarakat awam yang gak ngerti apa2 ngerasa tersentuh banget waktu ngeliat itu foto, sumpah perasaan gw tersayat2 (serius beneran…gak boong) gw ngerasa menjadi orang yang sangat beruntung karena gw dilahirkan di Indonesia, dengan letak geografis yang strategis dan diberikan karunia alam yang sangat berlimpah, tidak seperti saudara – saudara gw yang ada di Sudan. Yang jadi pertanyaan gw itu, pemerintah setempat ngapain aja ya?????? Ampe umatnya mati karena kelaparan gak ada tindak lanjut dari mereka.


Gw sangat bersyukur karena ada seorang photographer seperti Keven Charter yang mau jauh – jauh terjun kedaerah kering krontang seperti Sudan untuk mengambil potret kehidupan masyarakat setempat, dan gw rasa gambar yang dia ambil menjelaskan dengan sangat jelas gimana kehidupan disana walaupun Kevin sendiri tidak menceritakan secara gamblang, tapi beberapa foto menceritakan semuanya.




















Gw harap ada beberapa orang lagi seperti Kevin Charter yang bisa melakukan hal yang sama, membuka mata dunia supaya dunia tau apa yang sedang terjadi dibelahan dunia lain, supaya mereka dari kalangan jet set lebih peduli dengan nasib saudara – saudaranya dan menyumbangkan sedikit uang mereka.

Salah satu jet set yang gw tau yang sangat peduli dengan kehidupan di Afrika adalah Opera Winfrey (she is my favorite), suka banget gw dengan acaranya dia “The Opera Winfrey Show”.

Menurut gw acaranya dia sangat berbobot dan gak ada duanya. Gw suka banget apa yang dia lakuin buat anak – anak Afrika, seharausnya dia dapet penghargaan dari dunia international atas dedikasinya terhadap anak – anak Arfrika. Pengen banget suatu hari nanti gw bisa kaya Opera Winfrey, bisa melakukan hal yang berguna untuk dunia, tapi gw rasa itu masih jauh dari jangkawan tangan, even untuk keluarga aja gw belum bisa melalukan hal yang bisa ngebanggain keluarga, but i promise I’ll get that point.


Kesimpulan dari cerita gw ini, syukurilah apa yang udah kita dapat, yang udah kita punya, gak semua orang seberuntung kita, kita bisa bercermin dari foto – foto Kevin Charter. Dan hal yang menurut gw penting juga jika kalian udah mendapatkan sesuatu yang lebih, share lah kepada mereka yang butuh……gw harap sobat – sobat blogger dapet inti dari cerita ini. Akhir kata ………..caw…caw….tha…tha…bye…bye….


Salam Sukses

Lazy Flower


No comments:

Post a Comment